INNOVA ZENIX SANGAT COCOK DI INDONESIA ?
Belum lama ini Innova Zenix sedang mengalami peningkatan yang pesat untuk penjualan unit mereka, terlebih lagi penjualan dengan type Hybrid nya. Beberapa waktu terakhir mobil tersebut juga sempat terekam digunakan oleh Paus Fransiskus saat kunjungan ke Indonesia yang menggunakan type V dan juga digunakan oleh Presiden Joko Widodo dengan menggunakan type tertinggi dari Innova Zenix yaitu type Q.
Innova Zenix dinilai sangat cocok digunakan di Indonesia, terlihat juga dari meningkatnya penjualan unit mereka di beberapa waktu terakhir ini. Pada acara Hub Space 2024, pihak Toyota mengungkapkan alasan Innova Zenix sangat cocok digunakan juga oleh tamu kenegaraan.
Menurut salah satu petugas booth, ia menyatakan bahwa "mobil ini benar-benar didesain untuk jalanan Indonesia siapapun yang pakai." "Dan kedua karena mobil ini merupakan medium MPV which is di dalam nya terdapat seven seater jadi sangat cocok, sangat nyaman, lalu juga sudah disiapkan fitur yang lengkap, jadi sangat cocok untuk tamu kenegaraan dan lainnya." (www.detikoto.com)
Innova Zenix itu sendiri memiliki fitur-fitur yang sangat menarik. Salah satunya adalah fitur keamanan yang akan membuat pengguna nya merasa aman dan nyaman. "Banyak banget fiturnya, ini sudah dilengkapi Toyota Safety Sense yang ter-update, dengan harga sekitar Rp. 600 jutaan sudah setara fiturnya dengan mobil yang harganya Rp. 1M keatas." menurut salah satu pegawai Toyota (www.detikoto.com).
Spesiikasi Kijang Innova Zenix
Sebagai informasi tambahan, Toyota Kijang Innova Zenix sudah dilengkapi fitur Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. TSS pada Innova Zenix antara lain Pre-Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert & Lane Tracing Assist, dan Automatic High Beam.
Innova Zenix Hybrid menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS. Tenaganya meningkat dibanding Innova Reborn bensin (139 PS) maupun diesel (149 PS). Innova Zenix Hybrid EV dibekali dengan baterai Ni-MH yang dikemas dalam paket compact dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin.
Seluruh tipe Innova Zenix dilengkapi dengan transmisi CVT berkode K120. Transmisi ini mengiombinasikan sabuk baja dan gigi transmisi yang dapat memperlebar jangkauan rasio transmisi. Mode Sequential Shiftmatic 10-speed diadopsi untuk memungkinkan perpindahan gigi seperti transmisi manual. Ada juga uphill/downhill shift control untuk melewati rute pegunungan. Khusus tipe Hybrid, ditambahkan mode berkendara EV selain Eco, Normal, dan Power.
Penulis: Jericho Geovanni Salim (115220132)