foto: Motorsport.com |
General Motors (GM) telah resmi mengumumkan masuknya mereka ke Formula 1 sebagai tim ke-11, yang akan memulai debutnya pada musim 2026 dengan merek Cadillac. Langkah penting ini menandai tonggak sejarah bagi GM dan olahraga ini, karena mereka akan menjadi tim Amerika pertama yang dibangun dari awal oleh produsen mobil besar AS. Pengumuman ini muncul setelah proses negosiasi yang berlarut-larut yang membuat GM awalnya mendukung tawaran Andretti, yang akhirnya ditolak oleh F1 karena kekhawatiran atas daya saing dan nilainya bagi seri tersebut. Dengan komitmen baru dan proposal yang lebih kuat, GM kini telah memposisikan dirinya sebagai pesaing serius di liga balap bergengsi tersebut.
Kemitraan antara GM dan TWG Global, yang dipimpin oleh Dan Towriss, telah menjadi sangat penting dalam memajukan inisiatif ini. Mario Andretti, orang Amerika terakhir yang memenangkan kejuaraan F1 pada tahun 1978, akan menjabat sebagai direktur di dewan direksi, membawa pengalaman dan semangat yang tak ternilai bagi olahraga ini. Kolaborasi ini bertujuan tidak hanya untuk membentuk tim yang kompetitif tetapi juga untuk mengembangkan mesin milik sendiri pada akhir dekade ini. Hingga saat itu, Cadillac akan mengandalkan mesin pelanggan dari pemasok yang ada, dengan Ferrari menjadi kandidat yang mungkin karena surplus yang diantisipasi mulai tahun 2026.
Dan Towriss (paling kiri) foto: Pinterest |
Badan pengatur F1, FIA, telah menyatakan dukungan yang kuat untuk masuknya GM, menyoroti pentingnya mengintegrasikan merek Amerika yang terkemuka ke dalam olahraga tersebut. Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem mengomentari status global GM dan potensinya untuk meningkatkan daya tarik kejuaraan, khususnya di Amerika Utara tempat F1 mengalami pertumbuhan yang signifikan. Masuknya GM/Cadillac diharapkan dapat meningkatkan minat terhadap F1 di antara para penggemar Amerika dan menciptakan peluang baru untuk sponsorship dan keterlibatan.
Untuk memfasilitasi masuknya, GM perlu membayar biaya antidilusi yang diperkirakan sebesar $450 juta, yang akan didistribusikan di antara tim-tim yang ada untuk mengompensasi pengenceran uang hadiah. Biaya ini lebih tinggi dari persyaratan sebelumnya karena adanya peraturan baru yang ditetapkan untuk tahun 2026. Komitmen finansial ini menggarisbawahi niat serius GM untuk bersaing di level tertinggi olahraga bermotor dan mencerminkan strateginya untuk memanfaatkan F1 sebagai platform untuk memamerkan keunggulan teknik dan inovasi teknologi.
Saat GM mempersiapkan musim perdananya pada tahun 2026, GM bergabung dengan daftar produsen yang terus bertambah di F1, yang sekarang mencakup enam pemasok mesin: Mercedes, Ferrari, Ford, Honda, Audi, dan sekarang Cadillac. Masuknya pendatang baru ini didorong oleh peraturan mesin yang diperbarui yang menekankan teknologi hibrida dan keberlanjutan.
foto: Pinterest |
Dengan warisan otomotif yang kaya dan komitmen terhadap inovasi, partisipasi GM siap untuk tidak hanya meningkatkan visibilitas mereknya tetapi juga berkontribusi secara signifikan terhadap evolusi Formula 1 saat menghadapi tantangan dan peluang baru dalam olahraga bermotor.
Penulis: Davin (115220183)
Penjelasannya sangat detail!
BalasHapus